Jumat, 1 Desember 2023, Tim Undana melaksanakan koordinasi tatakelola Sistem Informasi manajemen rumah sakit di Universitas Hasanuddin Makassar. Hadir dalam kesempatan tersebut Undana: Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama, Kepala UPT. TIK, Sub. Koordinator Perencanaan, Sub. Koordinator Kerjasama, Sub. Koordinator Sistem Informasi, Tim IT TIK dan IT Rumah Sakit Undana. Unhas : Kepala Divisi Pusdatin Rumah Sakit, Divisi Kerjasama.
Dalam rapat disampaikan bahwa Undana saat ini baru saja melaksanakan visitasi akreditasi untuk operasional pelayanan rumah sakit, dan selanjutnya akan ada visitasi dari BPJS Kesehatan, untuk itu bahwa layanan berbasis system informasi sangatlah penting untuk menunjang agar aktifitas pelayanan dapat berjalan dengan baik, bahwa yang menjadi kendala minimnya informasi bagi persiapan Rumah Sakit Umum Undana adalah berkaitan dengan visitasi BPJS Kesehatan dan bridging aplikasi Kemenkes, untuk itu sangat perlu untuk Undana bisa menggalih informasi teknis ke saudara tua Universitas Hasanuddin Makassar.
Kepala Divisi Pusdatin Rumah Sakit Umum Unhas mengapresiasi kehadiran tim Undana, serta siap menjadi saudara yang baik untuk mendukung Rumah Sakit Undana agar dalam masa persiapan hingga pada saat bridging system informasi nanti dapat berjalan dengan baik.
Acuan dan landasan dalam perencanaan pengembangan rumah sakit umum Unhas, mengacu pada beberapa metode dan dasar hukum:
- BPJS :
- Sistem Eligibilitas (VClaim v.2);
- Sistem Antrian Online (Antrol v.2);
- Skema Penerbitan SEP (E-SEP);
- Skema Layanan Obat (Apotek Online);
- Skema Rekam Medis (I-Care);
- Skema Verifikasi (Smart Klaim).
- KEMENKES :
- PMK 18 Tahun 2022 Data Satu Sehat.
- PMK 24 Tahun 2022 Penyelenggaraan EMR.
- PMK 82 Tahun 2013 Syarat/Standar SIMRS.
Dasar inilah akhirnya Rumah Sakit Umum Unhas Menyusun roadmapnya dalam pengembangan layanan berbasis system informasi, namun perlu kami sampaikan bahwa sampai saat ini SIMRS Unhas masih terus dilakukan perubahan untuk menyesuaikan dengan tuntutan kondisi dan keadaan. Unhas tetap terus bermigrasi untuk mendapatkan sebuah layanan yang ideal. Untuk layanan pokoknya Unhas mengadopsi 80% modul aplikasi Khanza. Rumah Sakit Umum Unhas siap bekerjasama dengan Undana untuk mendukung kelancaran visitasi BPJS bahkan bridging layanan Kemenkes.
Diruang terpisah dilakukan diskusi teknis tentang manajemen tata persuratan sekaligus pembahasan terkait penerapan digital signature bagi surat resmi dan Ijasah.