UPT. TIK SABET PENGHARGAAN SEBAGAI UNIT PENDUKUNG DENGAN CAPAIAN KINERJA TERBAIK KE 2

UPT. TIK SABET PENGHARGAAN SEBAGAI UNIT PENDUKUNG DENGAN CAPAIAN KINERJA TERBAIK KE 2

UPT. TIK SABET PENGHARGAAN SEBAGAI UNIT PENDUKUNG DENGAN CAPAIAN KINERJA TERBAIK KE 2

 

Rapat Tinjauan Manajemen yang dilaksanakan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama pada hari/tanggal: Jumat, 4 Agustus 2023, bertempat di Hotel Neo Kupang, hadir Rektor beserta para Wakil Rektor dan seluruh Pejabat di lingkup Universitas Nusa Cendana. Dalam momentum ini Pimpinan Undana memaparkan seluruh rangkaian kebijakan Undana di tahun 2023 dan sekaligus disampaikan hasil monitoring, evaluasi dari kinerja unit se Undana yang dilakukan oleh Tim SAKIP Undana.

 

Penyampaian hasil monitoring dan evaluasi kinerja unit se Undana merujuk pada Perjanjian Kinerja tahun 2023 yang telah disepakati dan menjadi rujukan dalam pencapaian atau tujuan kinerja semua unit di Undana, maka dari itu bahwa setiap penyusunan anggaran dan program di semua unit kerja harus berbasis pada Perjanjian Kinerja. Karena tentunya setiap pencapaian oleh unit kerja merupakan prestasi bagi Undana, untuk itu semua unit di Undana harus bersinergi untuk mencapai target kinerja yang telah ditentukan. Target kinerja telah dibebankan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan melakukan kajian potensi yang dimiliki Undana, berdasarkan target kinerja tersebut, maka Rektor melakukan cascading kepada unit kerja dilingkungan Undana.

Dari hasil monitoring dan evaluasi kinerja UPT. TIK tanggal 6 Juli 2023, terdapat 17 (tujuh belas) indikator kinerja utama yang harus dipertanggungjawabkan oleh UPT. TIK. dan dalam kesempatan tersebut semua indikator kinerja utama dapat disampaikan UPT. TIK dengan bukti pendukung yang sangat akurat. Namun yang menjadi catatan utama bagi TIK adalah Realisasi Pendapatan dari Optimalisasi Aset sampai dengan Triwulan ke 2 Pendapat UPT. TIK masih sebesar 13%. Hal tersebut dikarenakan:

  1. Perubahan kebijakan nasional terkait jasa penggunaan aset bagi pelaksanaan ujian nasional seleksi mahasiswa berbasis komputer, bahwa mulai tahun 2023 nomenklatur dan pembiayaan untuk penggunaan aset ditiadakan karena hal itu menyalahi aturan penggunaan aset diinternal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Berdasarkan catatan temuan oleh BPK-RI di Jakarta).
  2. Perubahan kebijakan Pimpinan Undana dalam penyelenggaraan Seleksi Mandiri Masuk Undana (SMMU) tahun 2023 yang dilaksanakan berbasis portofolio. Sehingga tidak dapat di claim sebagai penggunaan aset UPT. TIK dari besaran biaya pendaftaran mahasiswa baru jalur SMMU.

Dua hal diatas merupakan asumsi target penerimaan UPT. TIK atau sekitar 70%, karena untuk pendapatan dari kerjasama ditargetkan 30%. Tentunya secara stretegis UPT. TIK sangat yakin bisa melakukan publikasi atau meningkatkan kerjasama, namun secara tanggungjawab UPT. TIK juga sadar bahwa layanan yang tersedia juga digunakan untuk mendukung aktifitas belajar mengajar, sehingga beberapa permintaan dari kerjasama terpaksa dibatalkan karena laboratorium komputer digunakan untuk pelaksanaan praktikum. Selain itu dengan keterbatasan sumberdaya manusia yang dimiliki UPT. TIK sebagai support system unit kerja se Undana juga merupakan faktor utama bagi UPT. TIK. hal tersebut disampaikan Pimpinan UPT. TIK pada asistensi monitoring, evaluasi kinerja yang dilakukan oleh Tim SAKIP Undana tanggal 6 Juli 2023. Namun pada Rapat Tinjauan Manajemen yang dilaksanakan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama pada hari Jumat, 4 Agustus 2023, di hotel Neo Kupang, Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi mendapatkan penghargaan sebagai unit pendukung dengan Capaian Kinerja Terbaik ke II dengan poin 95,69 dari IKU Perjanjian Kinerja Rektor di lingkungan Undana semester I TA. 2023.

Tentunya hal ini menjadi motivasi yang sangat tinggi bagi UPT. TIK dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab agar lebih baik dan menghadirkan pelayanan yang berkualitas.

Kepala UPT. TIK menyampaikan bahwa kita tidak akan puas dengan penghargaan ini, TIK akan terus berbenah dalam mendukung tujuan Undana.

Momentum RTM 4 Agustus 2023, juga dilakukan penyerahan sertifikat ISO 27001 kepada UPT. TIK. dan dalam kesempatan tersebut Piagam Penghargaan dan Sertifikat ISO 27001 diterima oleh Sub Koordinator Sistem Informasi UPT. TIK Agus H. H. Soepranoto, S.Kom.,M.Si, mewakili Kepala UPT. TIK disaksikan Rektor Undana.

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar