UPT. TIK Undana Menyelenggarakan TKDA dan TKBI

UPT. TIK Undana Menyelenggarakan TKDA dan TKBI

Jumat, 9 Juni 2023 Laboratorium komputer Gedung ICT. Center lantai 3 digunakan sebagai tempat pelaksanaan test kemampuan dasar akademik dan test kemampuan bahasa inggris, sebayak 28 peserta mengikuti test tersebut.

Penyelenggaraan Test adalah kerjasama Undana dan PT. Pusat Layanan Test Indonesia (PT. PLTI) yang berdomisili di Sleman Daerah Istimewa Yogjakarta. dan PIC / Pusat Layanan Test lokal adalah UPT. TIK. 

UPT. TIK Undana menjadi Pusat Layanan Test sejak tahun 2012, hal itu berawal dari regulasi bagi peserta sertifikasi dosen yang mengharuskan setiap dosen melampirkan hasil test kemampuan dasar akademik dan test kemampuan bahasa inggris, dan PT. PLTI adalah salah satu lembaga yang berkompeten dan direkomendasi oleh Dikti. maka PLTI menjalin kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi se Indonesia untuk dijadikan Pusat Layanan Test, dan Undana salah satunya.

 

Tentang PLTI

Pada tahun 2013,  dua organisasi profesi berskala nasional, yakni Perkumpulan Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia atau The Association for the Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia (TEFLIN) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) bersepakat mendirikan PT Pusat Layanan Tes Indonesia (PT PLTI) dengan tujuan umum untuk menjamin profesionalitas layanan tes baku. Secara khusus, PT PLTI ditujukan untuk:

  1. memenuhi kebutuhan nasional dalam bidang pengukuran kemahiran berbahasa Inggris dan kemampuan dasar akademik;
  2. mengoptimalkan kemanfaatan potensi nasional dalam bidang pengukuran kemahiran berbahasa Inggris dan kemampuan dasar akademik sehingga
        memiliki daya saing global yang tinggi;
  3. mengembangkan tes baku kemahiran bahasa Inggris dan kemampuan dasar akademik;
  4. menyelenggarakan tes kemahiran bahasa Inggris dan kemampuan dasar akademik secara profesional dalam format daring; dan
  5. melaksanakan tanggung jawab dari sisi hukum terkait dengan penyelenggaraan Test of English Proficiency (TOEP) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA).

Pendirian PT PLTI tertuang pada Akta Pendirian No.4 tanggal 28 April 2014 dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-40831.40.10.2014 tanggal 22 Desember 2014 yang telah diperbarui dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor AHU-0009575.AH.01.02.2016 tanggal 20 Mei 2016. Klasifikasi aktivitas PT PLTI masuk ke dalam bidang jasa kegiatan penunjang pendidikan dengan kode KBLI 85500.

Untuk mencapai maksud dan tujuan kegiatan penunjang pendidikan di atas, PT PLTI melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut:

  1. Pengembangan dan penyelenggaraan Test of English Proficiency (TOEP) yang merupakan Tes Kemampuan Berbahasa Inggris (TKBI) untuk mengukur kemahiran menyimak dan membaca dalam bahasa Inggris secara daring.
  2. Pengembangan dan penyelenggaraan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) yang merupakan Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) untuk mengukur kemampuan kognitif individu yang diperlukan seseorang untuk dapat menyelesaikan studi atau mengembangkan diri di lingkungan Pendidikan Tinggi secara daring.
  3. Pengembangan dan penyelenggaraan tes atau asesmen lain di luar tes kemampuan seperti yang tertuang pada butir (1) dan (2) secara daring.

(sumber: https://plti.co.id/)

Pengelola layanan test Undana Mikael Neno, ST.,M.Eng menyampaikan bahwa kuota peserta untuk mengikuti test minimal 10 Orang pendaftar, sehingga apabila pendaftar/pelamar test mencapai 10 Orang dan disampaikan kepada kami pengelola test Undana, maka kami dapat mengajukan ke PT. PLTI untuk membuka ruang test di Undana pada tanggal dan waktu yang kami tentukan.   

Pada kesempatan ini, juga dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Komisaris PT. PLTI yang juga merupakan Akademisi, Prof. Utami Widiati, M.A.,Ph.D. beliau langsung memantau pelaksanaan test di Undana, sekaligus mengamati langsung sarana prasarana yang tersedia di Undana. 

Menurut Prof. Utami sarana prasarana yang Undana miliki sudah diatas standar dan tidak diragukan lagi untuk penyelenggaraan test kemampuan dasar akademik dan test kemampuan bahasa inggris.

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar